Cari

Friday, December 18, 2015

Makalah ILMU BAYAN

Tags :
Dwonload Makalah Tentang Ilmu Bayan
Download Makalah Tentang Balagah
Pembahasan Tentang Ilmu Bayan
Materi Ilmu Bayan


Ilmu balaghoh adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengolah kata atau susunan kalimat bahasa arab yang indah namun memiliki arti yang jelas, selain itu gaya bahasa yang harus digunakan juga harus sesuai dengan situasi dan kondisi. Para ahli balaghoh sepakat membagi ruang lingkup pembahasan ilmu balaghoh menjadi tiga ilmu yang masing-masing berdiri sendiri dengan pembahasannya, yaitu: ilmu ma’ani, ilmu bayan dan ilmu badi’.
            Setelah semester lalu kita mempelajari kajian Ilmu balaghah yang mencakup bagian-bagian dari Ilmu Ma’ani, meliputi: pengertian Ilmu  ma’ani,  objek  kajian  dan manfaatnya,  musnad  dan  musnad  ilaih,  kalam  khabar,    kalam  insya,  fashl, washl, qashr, ijaz, ithnab dan musawah. Pada kesempatan kali ini kita melanjutkan kajian Ilmu balaghah tahap selanjutnya, yakni Ilmu Bayan.


 Pengertian Ilmu bayan
            Asal kata البيان  dalam penggunaanya, menurut bahasa menunjukkan arti الانكشاف yang artinya membuka atau menyatakan, serta الوضوح (jelas).  Dikatakan بان الشيئ يبين بيانا
 Sedangkan Al-bayan menurut istilah  Ilmu balaghah adalah:
اصول و قواعد يعرف بها إيراد المعنى الواحد بطرق مختلفة بعضها من بعض – فالمعنى الواحد هو يستطاع أداؤه باسالب مختلفة.
  “Al-bayan adalah kaidah-kaidah untuk mengetahui cara menyampaikan sebuah pikiran dengan cara yang bermacam-macam, yang dimaksud dengan Al-makna Al-wahid adalah satu pemikiran, namun dapat disampaikan dengan beberapa gaya bahasa” 
2.      Ruang Lingkup Ilmu bayan
            Para Ahli balaghah, sepakat bahwa kajian dalam Ilmu Bayan, mencakup tiga hal, yaitu:   (التشبيه)At-Tasybih (المجاز) Al-majaz dan (الكناية) Al-kinayah.
1)  tasybih    التشبيه   
Dalam kamus Al-munawir, lafad التشبيه berarti  التمثيل dan dalam bahasa Indonesia berarti “persamaan”.
            Sedangkan menurut istilah Ilmu balaghah:
التشبيه هو إلحاق امر بامر بادة التشبيه لجامع بينهما و إذا قلت “اخلاق عليٍّ كالنسيم في الرقة”.
“Yaitu menyamakan suatu hal dengan hal lain dengan menggunakan perangkat (sarana) tasybih untuk mengumpulkan diantara  keduanya”.
            Secara etimologis, al-tasybîh berarti al-tamtsîl (penyerupaan). Sedangkan secara terminologis adalah menyerupakan antara dua perkara atau lebih yang memiliki kesamaan sifat (satu atau lebih) dengan suatu alat: karena ada tujuan yang dikehendaki oleh pembicara.
            Suatu ungkapan yang menyatakan bahwa sesuatu itu mempunyai kesamaan dengan yang lainnya dalam sifat, dalam menyamakan tersebut menggunakan sarana atau perangkat, baik secara eksplisit maupun implisit.................. ( DOWNLOAD FILENYA)

No comments:

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan baik