Cari

Sunday, June 2, 2013

Blockwise Chosen Boundary Attack – BEAST Attack

Pada September 2011 lalu dunia sempat dikejutkan dengan BEAST(Browser Exploit Against SSL/TLS) attack yang menyerang SSL/TLS oleh Thai Duong dan Juliano Rizzo. Serangan tersebut didemokan dalam Ekoparty 2011 dan dijelaskan dalam paper berjudul Here Comes the XOR Ninjas. Serangan ini practical dan terbukti efektif mencuri session ID yang disimpan dalam cookie website yang dilindungi dengan SSL/TLS (selanjutnya saya hanya menyebut SSL untuk SSL/TLS). Dalam tulisan ini saya akan membahas apa itu BEAST attack dan bagaimana cara kerjanya.

BEAST Attack 

Bagi yang belum pernah mendengar BEAST attack silakan melihat dulu youtube, BEAST vs HTTPS yang mendemokan bagaimana BEAST attack bisa digunakan membajak akun Paypal korban. Dalam video tersebut terlihat bagaimana BEAST berhasil mendekrip paket SSL satu byte per satu byte sampai akhirnya seluruh cookie korban berhasil dicuri. Menakutkan bukan?
Gara-gara BEAST attack ini rame-rame situs pengguna SSL mengubah algoritma enkripsinya dari block cipher menjadi stream cipher (RC4). Lho kenapa kok sampai harus mengganti dari block cipher menjadi stream cipher ? Rupanya BEAST attack ini hanya menyerang SSL yang menggunakan algoritma block cipher (e.g AES/DES/3DES) dalam mode CBC (cipher block chaining). Dengan beralih ke stream cipher maka situs tersebut menjadi kebal dari serangan BEAST.
Mari kita bahas ada apa dengan SSL block cipher dan mode CBC sehingga bisa dieksploitasi sampai sedemikian fatalnya.
Block-Cipher dan SSL Record
Sebelumnya sebagai background saya akan menjelaskan sedikit mengenai enkripsi dengan block-cipher dalam SSL.
SSL pada dasarnya mirip dengan protokol pada transport layer seperti TCP yang memberikan layanan connection oriented communication dan menjamin reliability untuk layer di atasnya, hanya bedanya adalah data yang lewat SSL dalam bentuk terenkripsi.
Kalau dalam TCP ada yang namanya 3-way handshake untuk membentuk koneksi, dalam SSL ada negotiation. Dalam proses negosiasi akan disepakati algoritma (e.g encryption, key exchange,MAC) apa yang dipakai dan juga disepakati kunci simetris yang dipakai untuk mengenkripsi data.
Perlu diketahui SSL menggunakan algoritma simetris (e.g RC4, AES, DES) untuk mengenkripsi data karena lebih murah komputasinya dibanding algoritma asimetris (e.g RSA). Algoritma asimetris hanya dipakai selama proses negosiasi saja untuk mengamankan proses pertukaran kunci simetris, setelah session/channel/connection SSL terbentuk, algoritma asimetris tidak dipakai lagi, semua komunikasi dalam channel SSL menggunakan algoritma enkripsi simetris baik block-cipher maupun stream-cipher.
Dalam channel SSL data dikirim dalam bentuk record SSL yang berukuran maksimal 16 kB. Data yang dikirim adalah data yang ada pada layer di atasnya seperti request/response HTTP dalam HTTPS (HTTP over SSL).

Data yang dikirim melalui channel SSL akan dipecah menjadi satu atau lebih SSL record sebelum dikirimkan ke tujuan dan semua record dienkrip dengan kunci simetris yang sama (satu kunci untuk client ke server, dan satu kunci untuk server ke client).

Sebagai pengingat saja, dalam block cipher dalam mode opeasi CBC, setiap blok plaintext di-XOR dengan blok ciphertext sebelumnya untuk menghasilkan blok ciphertext. Khusus untuk blok pertama, blok plaintext di-XOR dengan IV.

 

Chained IV

Bagaimanakah cara mengenkripsi SSL record ? Data plaintext yang akan dienkrip dalam SSL record tentu terdiri dari satu atau lebih blok plaintext, P1, P2, P3,…, Pn yang akan dienkrip menjadi ciphertext C1, C2, C3,… ,Cn. Ingat dalam CBC mode, dibutuhkan IV untuk menghasilkan C1, nah yang menjadi pertanyaan adalah dari manakah IV atau C0 ini berasal ?

Dalam RFC 2246 tentang TLS 1.0 dijelaskan begini:

With block ciphers in CBC mode (Cipher Block Chaining) the initialization vector (IV) for the first record is generated with the other keys and secrets when the security parameters are set. The IV for subsequent records is the last ciphertext block from the previous record.

Ternyata IV untuk SSL record pertama ditentukan pada saat handshaking (negosiasi), sedangkan IV untuk record selanjutnya adalah block ciphertext terakhir dari record SSL sebelumnya. Menggunakan block ciphertext terakhir sebagai IV untuk record berikutnya disebut dengan chained IV.

 

Pada gambar di atas terlihat bahwa blok ciphertext terakhir dari record pertama (c4) menjadi C0 atau IV untuk record kedua. Begitu juga block ciphertext terakhir dari record kedua akan menjadi IV untuk record ketiga. Nanti bila ada record ke-4, block ciphertext terakhir dari record ke-3 akan berperan sebagai IV untuk record SSL ke-4.

Pada gambar di atas c0 digambarkan sebagai kotak bergaris putus-putus karena memang C0/IV bukan bagian dari record SSL. Dalam record SSL, block pertama ciphertext adalah C1 bukan C0 atau IV dengan kata lain pendekatan yang dipakai adalah implicit IV.

Pendekatan chained IV ini memandang semua blok ciphertext dari semua record SSL seolah-olah sebagai aliran blok ciphertext yang berurutan, C1, C2, C3….Cn. Pada gambar di atas terlihat record pertama adalah c1 || c2 || c3 || c4, dan 4 blok ciphertext pada record ke-2 bisa dianggap kelanjutan dari record sebelumnya, c5 || c6 || c7 || c8. Tiga blok ciphertext pada record ke-3 juga bisa  dianggap sebagai kelanjutan dari blok ciphertext sebelumnya, c9 || c10 || c11.

to get more detil please click here 

No comments:

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan baik