Cari

Wednesday, April 24, 2013

TOEFL

A. PENGENALAN TOEFL
     TOEFL merupakan singkatan dari Test OF English as a Foreign Language. TOEFL itu sendiri merupakan standarisasi kemampuan bahasa Inggris seseorang secara tertulis (de jure) yang meliputi tiga aspek penguasaan, yaitu: Listening, Writing, dan Reading. Nilai TOEFL tertinggi yang bisa dicapai seseorang adalah 675. Tujuan test TOEFL itu sendiri memiliki berbagai tujuan seperti Akademik (beasiswa dalam dan luar negeri, syarat pendidikan S1, S2, & S3, penelitian, dll) dan Umum (melamar pekerjaan, kenaikan pangkat, dll). Banyak peserta tes TOEFL yang mengalami kegagalan atau tidak memenuhi standar minimal yang ditetapkan untuk bidang tertentu. Oleh karena itu, untuk mendapatkan nilai TOEFL yang bagus diperlukan berbagai teknik dan strategi cara belajar dan menjawab TOEFL dengan baik.Berdasarkan hasil tes TOEFL yang mendapatkan nilai yang berada di bawah standar minimum (S1 500, S2 550), kebanyakan mempunyai permasalahan yang rata-rata sama yaitu tidak adanya panduan mengerjakan soal-soal TOEFL tersebut. Pengerjaan soal TOEFL sebenarnya tidak terlalu sulit kalau kita mengetahui jurus-jurus untuk memecahkan soal tersebut.Salah satu teknik cara belajar dan menjawab soal TOEFL yang akan menghantarkan Anda mendapatkan hasil test TOEFL yang memuaskan adalah dengan mengikuti panduan kursus TOEFL. Pada kursus TOEFL ini akan diberikan berbagai teknik pembalajaran TOEFL dengan menggunakan Peta Pikiran (Mind Map). Dengan sistem ini dijamin peserta akan dapat mempelajari TOEFL dengan lebih cepat dan menyenangkan. Selain itu peserta juga akan diberikan berbagai perangkat lunak (software) untuk berlatih dan mengetes kemampuan TOEFL Anda sendiri, berbagai buku elektronik dan CD materi belajar TOEFL. Jadi, lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan membeli buku TOEFL yang mahal, karena di sini lebih murah dan mendapatkan ribuan lembar halaman buku, software untuk latihan dan tes sendiri, serta banyak bonus lainnya yang akan didapatkan.Informasi belajar TOEFL dan Pendaftaran silakan kunjungi toefl.heryantony.com, mohon lakukan pendaftaran segera, karena biaya panduan belajar TOEFL ini bakal naik.Semoga bermanfaat!!!..sumberB. PEMBAHASAN SOAL-SOAL TOEFL DAN TRIK MEJAWABNYA
  Ketika kita membaca soal2 SWE, hal utama yang harus kita lakukan yaitu memplot kalimat kedalam kelompok2 bermakna dengan cara mencari tahu mana Subject, Verb, Object, dan Adverb. Dari ke 4 itu, yg paling utama harus diketahui adalah Subject dan Verb karena soal TOEFL kebanyakan menghilangkan Subject dan Verb pada kalimat soal untuk dianalisa atau ditanyakan. Bahkan di soal2 yg tingkat kesulitannya lebih tinggi, bisa saja Subject ada 2 atau lebih, Verb ada 2 atau lebih. Bahkan tampa tahu makna kalimat soalpun, kita tetap bisa mencari jawaban yang benar asal kita paham mana Subject, Verb, dan Word Classes lainnya.WARNING: HINDARI MENGERJAKAN SOAL DENGAN CARA MENTERJEMAHKAN KALIMAT SOAL KARENA AKAN MENGHABISKAN WAKTU.
Contoh Barang 1:Teachers _______________ for the new region.A. importantB. next weekC. are neededD. hopefullyLihat Selanjutnya
Dalam Bahasa Inggris ada dua jenis object: Object of a Transitive Verb (kata kerja perlu object) dan Object of a Preposition (misal on, at, in, behind, by, of, to dll). Ini sering kali digunakan oleh penulis soal toefl untuk menjebak atau membingungkan peserta test. Dengan kata lain, peserta test harus jeli melihat apakah object yang ada pada kalimat soal itu, object dari kata kerjanya atau object dari preposition... Tujuan lain dari penulis soal adalah untuk membingungkan peserta test apakah sebuah kata merupakan subject kalimat atau object dari preposition.Contoh soal:
For the last five years at various hospital in the country __________ has been practicing medicine.A nowB thatC beforeD a midwifeLihat Selanjutnya RC ini yg sering kali tidak terjawab semua oleh peserta tes. Sebagian besar peserta tes menjawab soal no 41 sd 50 asal2an dikarenakan kekurangan waktu ditambah lagi otak sudah terasa diperas2 karena RC merupakan section terakhir dari tes TOEFL. Bahkan ada peserta menjawab 50% dari jumlah soal tampa membaca passage nya lagi hehehe bagaimakmana mo dapet score yg diharapkan klo cara mengerjakannya sperti ini?Sebelum penulis menjelaskan seluk beluk RC, mari kita analisa dulu RC ini. Si pembuat soal tentunya sudah mengukur dengan teliti kemampuan seorang peserta dalam menjawab semua soal. Artinya bahwa klo rekan2 sudah ahli dalam bahasa Inggris, bisa menjawab 50 soal dalam waktu 55 menit. Hal ini bisa mungkin klo kita menjawabnya dengan menggunakan trik, skill ato apalah namanya. Yang jelas 50 soal bisa dijawab oleh seseorang dalam waktu 55 menit saja.Soal biasanya terdiri dari 5 sd 6 passage dan masing2 passage bervariasi jumlah pertanyaannya, sehingga total pertanyaan untuk semua artikel itu berjumlah 50 buah.Timbul pertanyaan apa iya? Membaca passage nya saja sudah memerlukan waktu yang lama.... apalagi untuk menjawabnya? Sebenarnya semua pertanyaan bisa disiasati cara menjawabnya demi menghemat waktu, dan sangat bergantung pada kemampuan dasar bahasa inggris dan latar belakang ilmu si peserta tes. Seseorang yang hobby membaca akan jauh leih mudah memahami passage dibandingkan yang jarang sekali membaca.Umumnya hampir semua pertanyaan di Section 3 RC ini bisa dijawab dengan membaca soalnya dulu, kemudian mencari jawaban yang diperlukan dalam passage. Tetapi ada juga pertanyaan yang memang memerlukan detail jawaban seperti menanyakan tentang misal "what's the passage about?" Disini kita memang perlu membaca agak lebih teliti tetapi itu semua bisa disiasati dan akan dijelaskan pada artikel2 berikutnya.Contoh soal RC dan akan dibahas secara umum. Secara detailnya, penulis akan membahasnnya satu persatu di artikel2 berikutnya :)
The technology of the North American coloniesdid not differ strikingly from that of Europe, butin one respect, the colonists enjoyed a greatadvantage. Especially by comparison with Britain,Americans had a wonderfully plentiful supply ofwood. (Paragraph 1)The first colonists did not, as many peopleimagine, find an entire continent covered by aclimax forest. Even along the Atlantic seaboard,the forest was broken at many points. Nevertheless,all sorts of fine trees abounded, and throughthe early colonial period, those who pushedwestward encountered new forests. By the endof the colonial era, the price of wood had risenslightly in eastern cities, but wood was stillextremely abundant. (Paragraph 2)The availability of wood brought advantagesthat have seldom been appreciated. Wood was afoundation of the economy. Houses and allmanner of buildings were made of wood to adegree unknown in Britain. Secondly, wood wasused as fuel for heating and cooking. Thirdly, itwas used as the source of important industrialcompounds, such as potash, an industrial alkali;charcoal, a component of gunpowder; andtannic acid, used for tanning leather. (Paragraph 3)The supply of wood conferred advantagesbut had some negative aspects as well. Iron atthat time was produced by heating iron ore withcharcoal. Because Britain was so stripped oftrees, she was unable to exploit her rich ironmines. But the American colonies had both ironore and wood; iron production was encouragedand became successful. However, when Britaindeveloped coke smelting, the Colonies did notfollow suit because they had plenty of wood andbesides, charcoal iron was stronger than cokeiron. Coke smelting led to technologic innovationsand was linked to the emergence of theIndustrial Revolution. In the early nineteenthcentury, the former colonies lagged behindBritain in industrial development because theirsupply of wood led them to cling to charcoaliron. (Paragraph 4)
1. What does the passage mainly discuss?(A) The advantages of using wood in thecolonies(B) The effects of an abundance of woodon the colonies(C) The roots of the Industrial Revolution(D) The difference between charcoal ironand coke ironDalam menjawab soal no 1 ini, kita tidak perlu membaca keseluruhan passage. Baca saja kalimat pertama masing2 paragraph. Hal pertama yg harus diperhatikan untuk jenis soal yg menanyakan topik adalah apakah yg ditanyakan topik passage atau masing2 topik paragraphnya? Soal diatas menanyakan topik passage bearti kita harus mencari jawaban yg mengcover semua paragraph yg ada di passage tersebut. Dalam hal ini jawaban yg benar adalah B karena passage tersebut membahas tentang the plentiful supply of wood in the colonies and the advantages and disadvantages this involved.Jawaban A tidak benar karena cuma advantages saja sedangkan passage juga membahas tentang disadvantages (paragraph 4), jawaban C salah karena fokusnya Industrial Revolution. Jawaban D salah karena fokusnya perbedaan antara charcoal iron dengan coke iron. :)2. The word strikingly in the first paragraph isclosest in meaning to(A) realistically.(B) dramatically.(C) completely.(D) immediately.Baca SelanjutnyaDibawah ini ada 5 soal Structure and Written Expression. Silahkan rekan2 jawab dulu dan post di comment klo sempet :) sambil penulis bahas satu persatu dan di post jawabannya di msg2 soal. Maaf yg LC belum krn terkendala audionya... terima kasih.
1. Martha Graham, ____________ of thepioneers of modern dance, didn’t begindancing until she was 21.(A) who, as one(B) she was(C) one(D) was oneDalam menjawab soal2 SWE, hal pertama yg harus kita ketahui adalah kalimat utama (main sentence) dari soal tersebut.Baca Selanjutnya
1.1 Section 2 Structure and Written Expression (SWE)SWE ini terdiri dari 40 soal, 15 soal Structure dan 25 soal Written Expression. Dalam menjawab soal Structure, kita mencari yang benar dari 4 jawaban yang tersedia sedangkan untuk soal Written Expression kita mencari Yang salah dari 4 jawaban yang tersedia. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh barangnya :)Contoh Soal Structure:Sometimes __________ to place physics and chemistry into separare caragories.A. difficultB. is difficultC. it is difficultD. that it is difficultDalam menjawab soal type ini, biasanya yg dicari yg benar dari 4 pilihan jawaban. Pertama yg harus kita lakukan ialah membagi2 kalimat kedalam kelompok2 (akan dijelaskan secara rinci pada postingan berikutnya). Kita lihat kalimat diatas belum ada subject dan verb, bearti jawaban yg benar yg ada subject dan verbnya yaitu C. Mengapa D salah padahal ada subject dan verb juga? Karena di jawaban D ada connector 'that', connector bearti ada yg dihubungkan sedangkan kata 'sometimes' cuma kata keterangan dan dalam konteks ini tidak perlu connector.Sekarang kita lihat contoh soal Written Expression berikut ini:A principle of manager is to ensure that every action ordecision achieves a carefully planned goal.                           A                                           B             C                                        D(Note: A. manager     B. action      C. decision       D. planned. Penulis beri catatan disini krn setelah di preview, susunannya berubah... msh gaptek... maaf :) )Dalam menjawab soal type ini, Written Expression (WE), yang kita cari adalah yang salah dari pilihan jawaban yang digaris bawahi. Untuk mencari yang salah, kita harus berpatokan pada yang benar yaitu semua kata atau ungkapan yang TIDAK digarisbawahi. Untuk jawaban soal diatas, yang benar adalah A, mengapa? karena kata "manager" tidak sesuai dengan makna kalimat, key word nya adalah "principle". Seharusnya "management" BUKAN "manager".Section 1 ini terdiri dari 3 bagian: Part A, Part B dan Part C.Jumlah soal pada Part A sebanyak 30 soal. Jawaban yang benar didapat dengan cara mencari pilihan jawaban yang tersedia (a, b, c, d) yang mempunyai makna yang sama dengan soal, umumnya makna yang disampaikan oleh pembicara kedua didalam percakapan tersebut. Dengan kata lain kita dituntut untuk mampu mencari sinonym atau paraphrase (kalimat beda tetapi bermakna sama misal He almost failed in his exam = He passed his test) dari percakapan yang diputar.Untuk lebih jelasnya, pelajari contoh soal berikut ini:On the recording, you hear:Man: Did the professor collect the assignment?Woman: No. But I gave him mine anyway.Narator: What does the woman mean?A. But I handed in mine anyway.B. But I gave him a hand anyway.C. But I went hand in hand with him anyway.D. But I put my hands on it anyway.PEMBAHASANJawaban yang benar adalah A karena cuma A yang bermakna sama dengan soal (gave him = handed in). Jawaban B merupakan jebakan krn makna kalimatnya berbeda dengan soal.I gave him mine anyway = Saya memberikan tugas saya kepada professor.I gave him a hand anyway = Saya membantu profesor.Jawaban C & D maknanya sangat berbeda dengan maksud kalimat di soal.Timbul pertanyaan, klo percakapannya dalam bentuk tulisan diatas ya... Cukup mudah untuk mencari jawaban yg benar, bagaimakmana klo dalam bentuk listening? Jawabannya pantengin terus blog ini karena ada sesi nantinya yg khusus membahas bagaimakmana memahami listening dengan mudah :)Bisa kita simpulkan disini bahwa untuk mendapatkan jawaban yg benar pada Listening Comprehension Part A, kita harus mengerti dulu percakapan di soal, tetapi bukan bearti kita harus memahami semua kata yang ada pada percakapan tersebut. Kita cukup memahami inti dari percakapan tersebut untuk menjawab soal. Pembahasan lebih rinci akan dijelaskan dalam tulisan berikutnya.Berikutnya adalah Listening Comprehension Part B & Part C. Kedua bagian ini sebenarnya hampir sama fokusnya, menjawab pertanyaan berdasarkan percakapan yang agak panjang. Jumlah soal kedua bagian ini hanya 20, masing2 jumlah soalnya bervariasi bergantung pada percakapan yang di dengar. Banyak yang beranggapan Part B & Part C sulit karena kita harus mendengar percakapan yang panjang dan diikuti 3 sd 5 soal berkenaan dengan percakapan yang baru kita dengar, tidak seperti pada Part A, satu percakapan satu pertanyaan.Kenyataannya adalah Part B & Part C lebih mudah, bahkan terkadang jauh lebih mudah dibandingkan dengan Part A. Bagaimakmana ini bisa terjadi? Pada Part A kita dituntut untuk memahami apa yang sedang dibicarakan dan mencari sinonym atau paraphrase nya dengan cepat. Sedangkan Pada Part B & Part C terkadang apa yang kita dengar, itulah jawabannya. Jadi waktu rekan2 mengerjakan LC Part B & Part C JANGAN MEMEJAMKAN MATA sewaktu mendengarkan soal (sering kali ini dilakukan peserta tes seolah2 lagi fokus mendengar hehehe), bahkan harus membuka mata memperhatikan pilihan2 jawaban sambil mendengarkan percakapan di soal. Yang lebih baik lagi adalah rekan2 harus mengatur waktu sebaik mungkin untuk mengalokasikan waktunya memahami pilihan2 jawaban di Part B & Part C. Ini sangat membantu mendapatkan jawaban yang benar. Yang biasa penulis lakukan adalah membaca semua pilihan jawaban pada saat audio player memperdengarkan instruction untuk masing2 Part (pahami pilihan jawaban Part B pada saat audio player memutar instruction untuk Part B dan begitu juga dengan Part C).Dengan kata lain, kita harus mendengarkan soal sambil melihat pilihan jawaban yang tersedia, dan terkadang apa yang didengar itulah jawabannya, kalaupun ada soal yg meminta jawaban sinonym atau paraphrase, tidak akan sesulit Part A. Untuk lebih jelasnya penulis akan memberikan contoh soal sehingga rekan2 bisa memahami penjelasan diatas, tapi tidak sekarang yaaa..... HeheheSUMBER1, TRIK TOEFL 1 SWE: Subject dan Verb 2. TRIK TOEFL 2 SWE: Hati2 dengan Object, bisa2 kita terjebak. 3. Section 3 Reading Comprehension (RC) 4. Praktek Structure and Written Expression
5. Section 1 Listening Comprehension (LC)

No comments:

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan baik